Subandi, Guru Mapel Matematika

Dalam pelbagai literatur disebutkan, Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan mengembangkan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini, dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang dan matematika diskrit. Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan –salah satunya- diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini.

Atas dasar hal tersebut, maka pelajaran matematika menjadi perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar (SD) untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama. Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan kompetitif.

Secara rinci, dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 22 Tahun 2006, dijelaskan bahwa tujuan pelajaran Matematika di sekolah adalah agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:

  1. Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah.
  2. Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika.
  3. Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
  4. Mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah.
  5. Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.

Karena itulah belajar matematika jangan dianggap sebagai momok, matematika adalah keterampilan, artinya apabila kita sering berlatih maka akan lebih menguasai dibandingkan hanya belajar sekedarnya saja.

A. Media Pembelajaran Mandiri

Berikut ini adalah media pembelajaran yang saya comot dari pustekom depdiknas, silakan dipelajari untuk referensi.

Fungsi Kuadrat Trigonometri Fungsi Eksponen Vektor
Garis Singgung Lingk. Bangun Ruang Penerapan rumus sinus Matrik
Lingkaran Komposisi Transformasi Kaidah Perkalian Jarak titik
Himpunan Diterminan

_______________________________________________________________

B. Simulasi Pembelajaran

Klik Gambar di bawah untuk melihat simulasinya.

Parabola Segitiga Siku-siku Kombinasi Persamaan garis Lurus_1
Perssamaan Garis_1 Persamaan Garis_2 Persamaan garis_3 Persamaan garis_4
Fungsi Kuadar_2 Fungsi Kuadrat_3 Fungsi Kuadrat_4 heat_metal

____________________________________________________________

C. Buku Sekolah Elektronik untuk SMK Kesehatan

Klik gambar di bawah ini jika anda ingin melihat isinya .

Kimia Kesehatan 1 Kimia Kesehatan 2 Kimia Kesehatan 3

____________________________________________________________

D. Modul Pembelajaran Matematika SMK

Klik gambar di bawah ini jika anda ingin melihat isinya .

Logika Aproksimasi Kesalahan Barisan dan Deret Bilangan Real
Dimensi Dua Matrik Persamaan dan Pertidaksamaan Peluang
Program Linier Statistik Trigonometri Vektor

____________________________________________________________

E. Diklat Matematikan P4TK

Klik gambar di bawah ini jika anda ingin melihat isinya .

Vektor Trigonometri Logika Statistik
Relasi dan Fungsi Program Linier Matrik Bilangan Real
Karya Tulis Ilmiah Peluang Aproksimasi Persamaan
Prinsip Dasar dan Stndar Penilaian Matematika SMK Pemanfaatan Kalkkulator danal Pembelajaran Matematika Strategi Pembelajaran Matematika Pemanfaatan Alat Peraga Sebagai Pembelajaran matematika

____________________________________________________________

F. Soal Ujian Nasional Matematika SMK Teknologi

Klik gambar di bawah ini jika anda ingin melihat isinya .

Tahun 2005 Tahun 2006 Tahun 2007 Tahun 2008
Tahun 2009 Tahun 2010 Tahun 2011 Tahun 2012_1
Tahun 2012_1 Tahun 2012_3 Tahun 2013_1 Tahun 2013_2
Tahun 2013_3 Tahun 2013_4 Tahun 2013_5 Tahun 2013_6

____________________________________________________________

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: