Rangka tubuh Kita

rangkaTubuh kita setiap saat pasti melakukan gerak bebas. Nah…gerakan tersebut terjadi sebagai hasil kerjasama antara dua sistem oragan, yakni rangka dan otot.

Rangka yang tersusun atas tulang-tulang dapat bergerak karena digerakkan oleh otot, jadi sebenarnya rangka nggak punya kemampuan untuk menggerakkan dirinya. Oleh sebab itu rangka disebut alat gerak pasif.

Rangka manusia terletak didalam tubuh, terlindungi oleh otot dan kulit. Maka dikenal dengan sebutan rangka dalam atau endoskeleton.

Untuk mendukung fungsi gerak, selain didukung oleh kontraksi dan relaksasi otot, antara tulang atau ruas-ruas tulang satu dengan lainnya dihubungkan oleh persendian tulang. Pada persendian tersebut dilengkapi dengan tendon dan ligamentum. Interaksi dari seluruh komponen pendukung gerak tersebut akan menghasilkan gerakan tertentu dari suatu organisme.

Fungsi Rangka :

  • Menunjang tegaknya tubuh
  • Sebagai alat gerak pasif
  • Tempat melekatnya otot rangka
  • Memberi bentuk tubuh
  • Melindungi alat-alat tubuh dalam yang lemah
  • Tempat pembentukan sel-sel darah
  • Sebagai tempat penimbunan mineral

Nah ! Karena rangka itu punya fungsi penting dalam kehidupan kita, penting juga kalu kita menjaganya dengan baik ! Misalnya hati-hati saat naik kendaraan, jangan lupa pake helm ! Hati-hati saat olah raga, kalau terjadi kecelakaan, bisa-bisa tulang-tulangmu retak bahkan patah,sakitkan ! Selain itu posisi duduk yang salah bisa menyebabkan kelainan ruas tulang belakang, seperti :

  1. Skiliosis, jika tulang condong melengkung kearah samping atau lateral, sehingga badan tampak melengkung ke kiri atau kekanan
  2. Kifosis,jika terjadi perubahan kelengkungan ruas tulang belakang daerah punggung sehingga penderitanya terkesan membungkuk atau tampak bengkok.
  3. Lordosis,jika ruas tulang belakang di daerah lumbai (pinggang) mengalami perubahan sehingga pada posisi tubuh tegak, kepala seperti tertarik kebelakang.

Selain ketiga kelainan yang sering terjadi pada tulang belakang tersebut, tulang sangat rawan terhadap Osteoporosis (tulang rapuh), bila kekurangan kalsium.

Oke,..kita pelajari saja anatomi rangka kita.

_

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: