Lidah Kita

Tahu Lidah ? ….ya, Lidah merupakan sepotong daging tidak bertulang yang terdapat di dalam rongga mulut manusia dan hewan yang berfungsi utama sebagai indera pengecap dan organ komunikasi yang amat penting. Ia terLetak di dalam rongga mulut warnanya merah dan dipagari dua baris gigi yang mengisyaratkan supaya manusia berhati-hati menjaga lidah dan apa yang diucapkan lidah. Lidah merupakan organ tubuh yang paling mulia setelah hati, kedudukannya ibarat juru bicara. Lidah merupakan organ tubuh yang selalu lunak, lembut dan senantiasa basah.

Berdasarkan letak dan susunan anatomi lidah, paling tidak ada tiga fungsi lidah, yaitu indera pengecap, sebagai organ pencernaan dan organ pembentuk huruf (organ komunikasi). Lidah tersusun dari otot-otot dan dipemukaannya dilapisi lapisan epitelium yang banyak mengandung kelenjer lendir. Selain itu terdapat reseptor pengecap berupa kuncup.

Kuncup pengecap pada lidah dapat membedakan empat macam rasa yaitu rasa manis, asin, asam dan pahit. Kuncup rasa manis lebih banyak terdapat di ujung lidah, kuncup rasa asin lebih banyak terdapat di tepi depan kiri kanan lidah, kuncup rasa asam banyak terdapat di tepi belakang kiri kanan lidah dan kuncup rasa pahit banyak terdapat di pangkal lidah. Oleh sebab itu, rasa pahit  selalu terasa di pangkal lidah.

Seperti halnya indera yang lain, pengecapan merupakan hasil stimulasi ujung saraf tertentu. Dalam hal mampu membedakan kelezatan makanan tertentu karena terdapat stimulasi kimiawi. Pada manusia, ujung saraf pengecap berlokasi di kuncup-kuncup pengecap pada lidah. Kuncup-kuncup pengecap mempunyai bentuk seperti labu, terletak pada lidah di bagian depan hingga ke belakang.

Berbeda dengan alat indera yang lain, penyakit lidah tidak hanya penyakit yang disebabkan akibat bakteri, jamur, atau virus, tetapi lidah itu sendiri ternyata bisa menimbulkan penyakit yang berbahaya bagi manusia khususnya.

Seorang dokter bedah syaraf  terkenal dari Korea Dr. Cho mengatakan bahwa pusat kemampuan bicara di dalam otak kita menguasai seluruh jaringan urat syaraf  yang lainnya?”.  Apa maksudnya ? Jika seorang berkata kepada dirinya sendiri, “saya tidak mampu!” maka pusat syaraf otak kita akan memerintahkan kepada seluruh syaraf dalam tubuh untuk menerima berita itu dan melaksanakannya. Akibatnya sikap mental dan fisik orang tersebut akan menjadi lemah.

Sebagai salah satu organ komunikasi pada manusia, lidah juga dapat berperan mendekatkan seseorang kepada Allah Yang Maha Besar. Karena lidah, seseorang menjadi hamba yang mulia. Namun bila lidah tidak dikelola dengan baik maka organ tubuh yang lembut bahkan bisa mengantarkan pemiliknya ke lembah kehinaan. Karena itulah  lidah yang tidak terjaga, sang pemiliknya bisa bergelimang dosa, sehingga ia menjadi manusia yang celaka. Bahkan Lidah bisa pula menjadi sarang pembuat dosa, bila ia tak terkendali.

Oleh karena itulah, Sehabis lebaran ini semoga kita bisa menjaga lidah kita baik dari penyakit akibat virus maupun penyakit yang ditimbulkan oleh lidah itu sendiri. Imam Al Ghazali dalam bukunya yang terkenal ” Ihya Ulumuddin” menyebutkan dua puluh macam dosa yang disebabkan oleh karena lidah yang tidak terjaga. Subhanallah, semoga kita terhindar dari dua puluh macam dosa tesebut.

Nah,..untuk menghafal respon lidah terhadap rasa dari ujung lidah depan ke belakang kita gunakan saja kata : M A A P ==> artinya : M = manis,  A = asin,  A = Asam ,  P = pahit.

Okey, ….Yuk  kita pelajari saja anatomi  mulut, lidah, dan kuncup lidah sebagai pembeda rasa manis, asin, asam, dan pahit agar kita selalu bisa bersyukur,  supaya kita lebih hati-hati dalam berbicara, seperti sabda Nabi Muhammad s.a.w. yang artinya ” Semua hal yang dibicarakan oleh seseorang hamba bisa mencelakakanya, kecuali tiga jenis ucapan : mengingat Allah, amar ma’ruf nahi munkar, dan menyelesaikan masalah di antara dua orang mukmin. Maha Suci Allah yang telah menganugerahi manusia dengan sepotong lidah.

O,..ya, adik-adik peserta didik untuk simulasi kali ini kang guru sengaja memasang batas waktu untuk mengerjakan, artinya kita disuruh mengulang bila batas waktu yang kang guru tentukan (yaitu 5 menit) tidak terpenuhi  jawaban yang diinginkan.

Ingin Mencoba ?…..tunggu loadingnya.

_

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: