KEKUATAN MANUSIA

shalatduduk

Manusia diberi kekuatan oleh Allah Swt yang diantaranya kekuatan akal, kekuatan pikiran, dan kekuatan qalbu. Ketiga kekuatan tersebut berguna bagi manusia untuk membentuk suatu sifat atau karakter. Kekuatan akal untuk berpikir sebelum bertindak, kekuatan perasaaan untuk merasakan apa yang dilihat dan diraba melalui indra perasa yang dimiliki manusia, kekuatan qalbu untuk mengendalikan manusia dalam bertindak.. Dan berikut adalah penjelasannya.

  • Kekuatan akal

Kekuatan akal berguna untuk menentukan suatu tindakan benar atau salah. Akal juga yang membedakan manusia dengan ciptaan Allah lainnya misalnya hewan dan tumbuhan.

  • Kekuatan perasaan

Kekuatan perasaan berguna untuk mendeskripsikan perasaan yang dialami manusia. Perasaan tersebut mungkin berupa enak,menyebalkan,marah,iri,dengki,dan lain-lain.

  • Kekuatan qalbu

Kekuatan qalbu berguna untuk menentukan baik atau buruk dan halal atau haram. Kekuatan qalbu ini bertujuan untuk mengendalikan perilaku manusia agar manusia senatiasa selalu mempertimbangkan apakah perilaku itu baik atau buruk dan apakah yang dikonsumsi manusia itu haram atau halal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: