Sistem Pencernaan Kita

Fungsi sistem Pencernaan Makanan / Usus adalah mengubah makanan menjadi energi untuk menjaga, merawat, dan membantu perkembangan dan kesehatan tubuh manusia.

Pencernaan adalah proses pemecahan molekul-molekul komplek menjadi molekul-molekul sederhana atau sebaliknya yakni penyusunan molekul-molekul sederhana menjadi komplek dengan tujuan zat-zat yang dihasilkan dari proses itu dapat dimanfaatkan oleh tubuh dalam arti menghasilkan energi

Sistem Pencernaan Makanan dalam tubuh manusia melalui 2 cara, yaitu :

1. Pencernaan MEKANIS atau di Mulut, Berupa gerakan organ-organ seperti, memotong, merobek, menumbuk dan menggiling oleh organ gigi dirongga mulut serta mengaduk, menekan, mendorong, berupa gerakan peristaltik di lambung & usus.

Proses Pencernaan secara MEKANIS atau di Mulut

* Gigi dalam Mulut menghancurkan dan melumatkan makanan.
* Lidah memboalk-balik serta menelan makanan.
* Mulut mengeluarkan air liur yang mengandung ptailin (membantu proses pelumatan makanan).
* Semakin sempurna hasil pencernaan di mulut semakin meringankan kerja organ pencernaan berikutnya ( ditelan oleh Lidah lalu masuk dalam Faring / Tekak terus masuk ke Esofagus / Kerongkongan lalu masuk ke Usus Halus ).
2. Pencernaan ENZIMATIS/KIMIAWI atau di Usus Halus, Pencernaan dengan bantuan sekret dari kelenjar pencernaan, sehingga terjadi Pengubahan, Pengemulsian, Penghidrolisisan, Pengaktifan dan bahkan penggumpalan zat-zat sehingga dapat dimanfaatkan oleh sel-sel tubuh dalam arti menghasilkan energi.

ENZIM-ENZIM PENCERNAAN : Amilase, Pepsin, Renin, Lipase, Tripsin, Kemotripsin, Peptidase, Nuklease, Enterokinase, Laktase, Erepsin, Maltase, Disakarase, Sukrase

BERBAGAI MACAM KONDISI PENCERNAAN / USUS :

* PROLAPSUS (USUS MENGANTUNG), Kondisi ini akan menurunkan tekanan organ, merusak sirkulasi dan fungsi usus.
* PROLAPSUS on Tower With Organs, yaitu usus mengantung dengan disertai tekanan pada organ bagian bawah ( Wasir ).
* STRICTURE, yaitu pengecilan bagian tertentu pada Usus.
* DIVERKULATA, yaitu munculnya kantung-kantung kecil pada bagian tertentu di Usus Besar. Gejalanya rasa nyeri diperut, obstipasi dan diare karena motilitas sigmoid.
* SPASM, yaitu penyempitan pada bagian tertentu di Usus. Gejala yang biasanya muncul antara lain terjadi Kram Perut dan Pengetatan Otot.
* COLITIS, ada penggelembungan dan penyempitan serta kantung-kantung kecil di Usus Besar. Gejalanya pendarahan dari rectum, diare bercampur nanah dan lendir, demam, mual dan berat badan menurun.
* BALOONID SIGMOID, yaitu pembesaran Usus Besar akibat dari penimbunan Gas dan feses yang lama tidak terbuang. Gejalanya Sembelit Kronis, Sakit Kepala

PENYUMBATAN USUS, terjadi akibat :

* Makanan yang Tidak Seimbang, yaitu diakibatkan oleh konsumsi makanan yang meningkatkan kadar keasaman ( acid-forming foods )
* Makanan Olahan, yaitu makanan yang mengurangi kesan elektrolisis sehingga cairan empedu lebih ber-acid/asam dimana Cairan empedu mengakibatkan pelekatan Plag pada Mukosa ( False Mucoid Lining ) di dinding-dinding Usus.
* Plag, yang menghalangi penyerapan segala obat dan zat makanan yang dimakan dan sumber toksid dimana sisa kotoran dan kuman jahat yang diserap masuk kedalam saluran darah dan hati terus menerus ( auto intoxication )
* Toksin / Racun, membebani usus dan aliran darah menyebabkan tubuh tidak lagi mampu menghasilkan nutrient yang cukup yang berpengaruh terhadap Hati sehingga system imun tubuh turut lemah untuk melawan penyakit.

CIRI-CIRI PENCERNAAN LEMAH

1. Badan / Nafas Berbau
2. Lambat dalam mencerna makanan
3. Rambut yang kering / Rusak
4. Buang Angin sesudah makan
5. Kurang nafsu makan dan kurang tenaga
6. Kuku Rusak / Berkerut dan mudah patah
7. Buang Air Besar / BAB kurang dari 2X dalam sehari ( Bila makan 3X sehari )
8. Mengalami Kelainan kulit ( gatal-gatal, kering, dll )
9. Tulang dan gigi rawan dan lemah
10. Sakit Kepala
11. Sakit Persendian
12. Dampak Psikologis, seperti emosi tidak stabil dan munculnya pikiran negative

Pencernaan Lemah Penyebabnya adalah :

1. Makan tidak teratur
2. Makan sambil diselingi minum, atau kebiasaan minum setelah makan
3. Kebiasaan makan yang terlalu cepat dan tidak dikunyah sampai lembut
4. Stress atau tekanan pada pikiran
5. Usia

SEMBELIT

Lebih kurang 90% masalah kesehatan manusia berawal dari Colon / Usus yang tersumbat ( Congested Colon ) yang menyebabkan Sembelit.Sembelit adalah pemicu atau penyebab munculnya penyakit-penyakit lain, seperti :

WASIR / HAEMORRHOID, menyebabkan Pengerutan / SPASM atau kekejangan Otot Dubur / Anus yang menghambat proses pembuangan tinja oleh Usus.

Melemahnya Otot Usus yang bisa mengakibatkan Lumpuh / Paralyzed yaitu menghambat pengosongan Usus dengan Sempurna.

Menyebabkan Toksin dari Tinja mengikis / irritase membrane Mukosa Usus, menyebabkan Rembesan Kronik ( Chronic Catarhal ), Infeksi, Pelekatan dan juga Kanker. Menyebabkan kekurangan cairan, membuat bahan Tinja menjadi Keras dan menghambat pembuangan yang normal.

SEMBELIT terjadi diakibatkan :

* Makanan Kurang serat
* Perekatan ( Adhesions), yaitu membran Mukus melekat pada dinding Usus.
* Kelebihan makanan
* Illeocecal Value Incompetence
* Kurang Olahraga
* Poor Posture
* Syimpton : Abdomen membesar, sakit kepala, letih dan haus, banyak gas / angin, sulit tidur, overweigh, lower back pain, masalah kulit, kuku dan rambut
* Akibat Sembelit adalah : Wasir, intosikasi, auto imun, radang, dan tumor / kanker.
* Penyebab MUKUS berlebihan adalah Glue Food seperti Daging, Keju, Hasiul Susu, Pastri, Hasil Tepung, Pasta putih, Gula-gula dan semua makanan olahan.

KEAJAIBAN SISTEM PENCERNAAN

Dalam satu hari, proses pencernaan membutuhkan 8 ltr zat cair yang terdiri atas:

*2 liter air liur

*2 liter cairan lambung

*1,5 liter cairan yang berasal dari hati & empedu

*2,5 liter cairan usus

Gigi Manusia jauh lebih tahan panas dari pada baja

Gigi berumur sangat panjang, walau telah terkubur selama ribuan tahun gigi tetap utuh.

Pernahkan anda membayangkan ketika anda tersedak sebutir nasi atau apapun kemudian anda batuk atau bersin, angin yang berasal dari batuk / bersin anda berkecepatan 950 km /jam ?

Tahukah anda asam lambung (HCl) dapat mengikis pisau silet yang terbuat dari baja ? Atau jika anda memasukkan jari ke dalam lambung, ketika diangkat daging-daging jari anda sudah menjadi bubur tapi mengapa lambung kita tidak bocor ? Ada 2 alasan :

*Dinding lambung dilapisi oleh lapisan lendir yang bersifat basa

*Setiap menit terdapat 500.000 sel dinding lambung yang mengelupas untuk diganti dengan sel baru.

Subhanallah…! Ternyata pada lambung terdapat 35 juta kelenjar yang semuanya berfungsi sebagai pabrik yang menghasilkan 1 – 2 liter getah bening.

Usus halus memiliki jaringan saraf mencapai 100 juta, hampir sama dengan saraf tulang belakang, ia juga memiliki vilus & setiap vilus mempunyai 5000 mikrovilus, yang dengan demikian penyerapan zat gizi menjadi efisien. Seandainya usus halus tidak memiliki vilus dengan mikrovilusnya, maka kita mempunyai usus halus yang panjangnya 4,2 km, agar penyerapannya se efisien memiliki vilus & mikrovilusnya.

Hati, walaupun bukan merupakan organ pencernaan langsung ia merupakan pendukung utama sistem pencernaan.

Hati merupakan organ unik yang memiliki 500 macam fungsi, ia juga memiliki jumlah sel hingga 300 Milyar & uniknya masing-masing sel memiliki fungsi sendiri.

Hati dilalui darah sebanyak 1,4 liter.menit, ini berarti dalam 1 tahun ia dilewati sebanyak 735.840 liter darah. Darah yang melewati hati berasal dari dua sumber yaitu jantung, lambung dan usus yang membawa sari-sari makanan yang akan disterilkan oleh hati.

 MAKANAN SEIMBANG

Makanan melewati system Usus memerlukan waktu sekitar 14 Jam (masa transit). Makanan yang tidak seimbang, kekurangan serat dan air, penggunaan antibiotik dan depresi / stress bisa memperlambat waktu transit tersebut. Sebagian Kecil sisa kotoran yang ada akan dikeluarkan badan.

Dalam sebuah kajian Autopsi ditemukan sekitar 10kg s/d 15kg sisa kotoran yang melekat pada lipatan Usus Kecil dan Usus Besar orang Dewasa. Masalah sisa kotoran ini akan menjadi pemicu munculnya Penyakit-penyakit Kronis.

Jadi perhatikan makanan kita agar Pencernaan / Usus SEHAT, perbanyak makanan yang mengandung Serat agar kerja Organ-organ pencernaan tidak berat.

JADIKAN MAKANAN SEBAGAI OBAT dan OBAT SEBAGAI MAKANAN……..BACK TO NATURE….BACK TO SUNNATULLAH….!!!!

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: