Kalian Semua Memang Luar Biasa , Anak-anakku….

cl14Dalam rangka mengisi jeda waktu selepas mengikuti ulangan kenaikan kelas dan ulangan praktikum keperawatan, farmasi industri dan Analis, Siswa SMK Medika melalui Pengurus OSIS melaksanakan kegiatan klasmeting. Berbeda dengan class meeting pada semester satu yang materi lombanya antara lain meracik jamu, pidato bahasa inggris, pidato bahasa jawa, senam indonesia, kavileri, anatomi skil, keterampilan Bekam, dan PMR. Maka untuk Semester dua yang dilaksanakan selama tiga hari sejak tanggal 17 s.d 19 Juni 2013 para siswa melalui MPK-nya masing-masing , menujukkan kepiawaiannya dalam menggelar jenis lomba yang berbeda dengan semester pertama.

Adapun jenis yang dilombakan antara lain permainan 17-an, balap sepeda anak-anak 3 roda, cl6dance, karaoke, dan fashion Show batik. Satu hal yang paling menarik adalah lomba Fashion Show yang berlangsung sangat meriah.

Sedikitnya 14 siswa/siswi  berlenggak-lenggok mengelilingi  lapangan basket dengan busana mereka sendiri dengan diiringi alunan lagu. Dengan penuh percaya diri, satu-persatu peserta memperlihatkan senyum yang berhiaskan make-up, dan busana yang telah didesain sedemikian rupa. Ada yang sekedar  apa adanya sampai yang berharga mahal.

cl8Adapun tujuan diadakannya lomba fashion show batik antar kelas ini adalah  supaya para siswa SMK medika kelak setelah terjun ke masyarakat akan terus melestarikannya, tidak malu untuk berpakaian batik, dan berani mengatakan batik adalah semangatku, batik adalah ragaku,  batik adalah kekuatanku, batik adalah inspirasiku, bahkan batik adalah jiwaku.

Tujuan yang lain adalah :

  • Dengan batik kita jalin kebersamaan, kekompakan, jiwa korsa, loyalitas dan semangat untuk belajar.
  • Mempopulerkan busana batik bagi kalangan siswa
  • Memperkenalkan pada siswa bahwa batik tidak sekedar pakaian, tetapi batik memiliki filosofis yang tinggi.
  • Membangun dan mengembangkan karakter siswa melalui batik.cl15

Batik yang bagus adalah batik yang setiap goresan cantingnya memiliki

makna filosofis, tidak sekedar bagus bahannya, bagus lukisannya, tetapi jauh dari itu batik yang bagus adalah batik yang setiap titik-titik yang dijatuhkan pada kain melalui hembusan nafas pembatiknya memiliki roh. Sehingga ketika dilihat orang batik tersebut seolah menjelaskan makna dirinya.

Mengapa Membangun dan mengambangkan karakter melalui batik ?

cl18Setiap manusia tidak bisa memilih kepribadiannya, kepribadian adalah hadiah dari Tuhan Sang Pencipta ketika manusia dilahirkan.

Ada kelemahan dan kelebihannya di dalam aspek kehidupan sosial dari masing-masing pribadi. Namun setiap manusia harus belajar untuk mengatasi kelemahan tersebut dan memperbaiki kelemahan itu serta memunculkan kebiasaan positif yang baru, maka inilah yang disebut dengan karakter. Karakter akan menunjukkan jati diri seseorang, Sebagai contoh ada seorang yang sangat santun dalam menyampaikan pendapat dan instruksi kepada sesamanya, ada orang yang  mampu membawa dirinya untuk bersikap serius dalam situasi yang membutuhkan ketenangan dan perhatian fokus, ada seseorang yang bersahaja dalam setiap tutur katanya, cl3ada seseorang yang bisa mengendalikan emosinya, dan ada seseorang yang selalu bercahaya dalam raut wajahnya akibat senyum yang ikhlas tanpa dibuat-buat, Itulah Karakter.

Pendidikan Karakter adalah pemberian pandangan mengenai berbagai jenis nilai hidup, seperti kejujuran, kecerdasan, kepedulian dan lain-lainnya. Dan itu adalah pilihan dari masing-masing individu yang perlu dikembangkan dan perlu di bina, sejak usia dini.

Karakter tidak bisa diwariskan, karakter tidak bisa dibeli dan karakter tidak bisa ditukar. Karakter harus DIBANGUN dan DIKEMBANGKAN secara sadar hari demi hari dengan melalui suatu PROSES yang tidak instan. Karakter bukanlah cl1sesuatu bawaan sejak lahir yang tidak dapat diubah lagi seperti sidik jari. Karakter adalah energi, yang tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan, tetapi energi dapat diubah bentuknya menjadi bentuk energi lain.

Batik yang memiliki roh, yaitu batik yang dibuat oleh seseorang yang tidak memikirkan akan laku berapa hasil karyanya, tetapi dengan jiwa ikhlas dan penuh kesungguhan dalam berkarya itulah batik yang kan menghembuskan energi positif ke jiwa kita dan menjelma menjadi jiwa yang berkarakter.

Semoga melalui lomba fashion show batik ini kita semakin memiliki rasa percaya diri,  rasa kebersamaan yang tinggi, rasa rendah diri, dan jiwa semangat untuk belajar, belajar dan belajar terus demi mencapai massa depan yang lebih baik.

cl7Saya sampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh siswa yang telah berusaha semaksimal mungkin, berkompetitif searif mungkin, dan bekerja sama dalam melaksanakan lomba antar kelas semester ke dua ini. Kemenangan memang adalah tujuan, tapi keakraban, kebersamaan antar teman, jauh lebih dari kemengan itu sendiri.

Dalam suatu lomba pasti ada yang menang dan kalah, tetapi ketahuilah yang sesungguhnya menang adalah yang memiliki jiwa besar dalam menerima kekalahan.

Saya hanya bisa berkata kalian semua adalah pemenang, kalian semua adalah yang baik. dan kalian semua memang luar biasa anak-anakku.

Terima kasih,

.

Teguh Sasmito.

Satu Tanggapan

  1. SMK Medika… LUAR BIASA,,,,,,,,,,,,,,,😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: