Kegiatan Kerja Siswa di Laboratorium (Laboratory Work)

Kegiatan kerja di laboratorium (laboratory work) lazimnya dilakukan untuk melatih siswa dalam penguasaan kompetensi (skill) dalam materi tertentu.

lab6

Dalam kontek laboratory work, kompetensi lebih ditakankan pada apa yang dapat dilakukan oleh siswa dan bukan sekedar mengetahui.

lab1

Praktikum sendiri adalah kegiatan belajar mengajar dengan cara tatap muka antara guru dengan siswa, yang menekankan pada aspek psikomotorik, kognitif, dan afektif dengan menggunakan peralatan di laboratorium yang dijadwalkan secara khusus.

lab2

Dalam aspek kognitif ditekankan agar teori dapat diaplikasikan dalam kondisi atau problema konkrit, sehngga kegiatan yang dilakukan ditekankan pada aspek latihan.

lab3

Disamping itu, kegiatan praktikum merupakan bagian dari pelaksanaan kegiatan pembelajaran selain tatap muka dan pemberian tes formatif. Secara Eksplisit, kegiatan praktikum disebutkan sebagai bagian dari kegiatan pemberian tugas kepada siswa dalam bentuk melakukan sesuatu bedasarkan teori dan pengetahuan yang telah dibrikan oleh guru sebelumnya.

lab4

di SMK Medika yang teridi dari tiga jurusan yaitu keperawatan, analis kesehtan dan farmasi industri, tentu tidak akan meninggalkan konsep di atas, tidak terkecuali mata pelajaran IPA dan keterampilan.

lab5Pada jurusan Farmasi industri kegiatan laboratorium menitikbeeratkan pada pembelajaran sediaan obat, cara membuat tablet dan sebagainya.

lab6

Sedang pada jurusan analis kesehatan lebih menekankan pada uji laboratorium, seperti tes golongan darah, uji urine, uji kolesterol, dan sebagainya.

lab8

Dan untuk jurusan keperawatan kegiatan laboratorium berfokus pada bagaimana tindakan keperawatan dasar, seperti memandikan pasien di tempat tidur, merawat gigi dan mulut pasien, merawat kuku pasien, mencusi rambut pasien, dan lain-lain.

lab10

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: