Modul Matematika SMK : 07. PELUANG

Dalam modul ini anda akan mempelajari 3 kegiatan belajar. Kegiatan belajar 1 adalah kaidah pencacahan, kegiatan belajar 2 adalah peluang suatu kejadian, dan kegiatan belajar 3 adalah frekuensi harapan, kejadian yang saling bebas dan kejadian yang saling lepas. Dalam kegiatan belajar 1, yaitu kaidah pencacahan, akan diuraikan mengenai perkalian, faktorial, permutasi r obyek dari n obyek, permutasi n obyek, dan kombinasi r obyek dari n obyek beserta penggunaannya dalam menyelesaikan masalah. Dalam kegiatan belajar 2, yaitu peluang suatu kejadian, akan diuraikan mengenai ruang sampel beserta titik sampel, kejadian, peluang suatu kejadian, kepastian dan kemustahilan. Dalam kegiatan belajar 3, akan diuraikan mengenai frekuensi harapan, kejadian yang saling bebas, dan kejadian yang saling lepas.

Prasyarat
Prasyarat untuk mempelajari modul ini adalah teori himpunan elementer, yaitu tentang himpunan, keanggotaan, operasi dalam himpunan, dan relasi antar himpunan. Semua materi prasyarat tersebut terdapat dalam modul relasi dan fungsi.

Petunjuk Penggunaan Modul.
Untuk mempelajari modul ini, hal-hal yang perlu anda lakukan adalah sebagai berikut:
1. Pelajari daftar isi serta skema modul dengan cermat, karena daftar isi dan skema akan menuntun anda dalam mempelajari modul ini dan kaitannya dengan modul-modul yang lain.

2. Untuk mempelajari modul ini haruslah berurutan, karena materi yang mendahului merupakan prasyarat untuk mempelajari materi berikutnya. 3. Pahamilah contoh-contoh soal yang ada, dan kerjakanlah semua soal latihan yang ada. Jika dalam mengerjakan soal anda menemui kesulitan, kembalilah mempelajari materi yang terkait.
4. Kerjakanlah soal evaluasi dengan cermat. Jika anda menemui kesulitan dalam mengerjakan soal evaluasi, kembalilah mempelajari materi yang terkait.
5. Jika anda mempunyai kesulitan yang tidak dapat anda pecahkan, catatlah, kemudian tanyakan kepada guru pada saat kegiatan tatap muka atau bacalah referensi lain yang berhubungan dengan materi modul ini. Dengan membaca referensi lain, anda juga akan mendapatkan pengetahuan tambahan.

 Tujuan Akhir.
Setelah mempelajari modul ini diharapkan Anda dapat:

  1. Menggunakan kaidah pencacahan dalam memecahkan masalah,
  2. Menggunakan rumus permutasi untuk memecahkan masalah,
  3. Menggunakan rumus kombinasi untuk memecahkan masalah,
  4. Mencari besarnya peluang suatu kejadian,
  5. Menentukan kepastian dan kemustahilan suatu kejadian,
  6. Menentukan frekuensi harapan suatu kejadian,
  7. Menentukan apakah dua kejadian saling lepas,
  8. Menentukan apakah dua kejadian saling bebas.

Downloud, Klik Disini

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 730 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: